5 Fakta Unik tentang Haji Yang Perlu Kamu Ketahui


Setiap tahun, sekitar 2,5 juta umat muslim seluruh dunia mengunjungi Saudi Arabia untuk melaksanakan ibadah haji di Makkah dan Madinah. Ibadah haji merupakan impian setiap umat muslim dimana Jemaah bisa menginjakkan kaki di tanah suci dan menelusuri kembali jejak-jejak para nabi. Setiap tahunnya Jemaah haji selalu bertambah. Berikut sederet fakta unik tentang haji yang perlu kamu tahu.

1. Haji merupakan ibadah wajib bagi setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik.


Menunaikan haji wajib setidaknya sekali seumur hidup bagi umat yang mampu. Ibadah Haji merupakan ritual yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW namun aktivitas haji banyak berkaitan dengan kehidupan Nabi Adam AS dan Nabi Ibrahim AS.

2. Kabah ditutup dengan kain seberat ratusan kilogram berhias benang emas dan perak.


Kabah yang merupakan salah satu bangunan paling suci bagi umat Islam, ditutup dengan kain sutra hitam seberat 650 kilogram, berhiaskan 120 kilogram benang emas dan 20 kilogram benang perak.

3. Prosesi Sa’i dilakukan di dalam terowongan berpendingin ruangan.


Sa’i ialah berjalan dari bukit Safa ke bukit Marwah dan sebaliknya, sebanyak tujuh kali yang berakhir di bukit Marwah. Dulu Sa’i dilakukan di tempat terbuka, namun kini dilakukan di dalam terowongan besar berpendingin ruangan supaya jemaah, terutama yang berusia lanjut, lebih nyaman dalam beribadah. Ada jalur prioritas juga bagi jamaah haji yang menggunakan kursi roda.

4. Mina, kota 100.000 tenda.


Mina atau Muna dalam bahasa Arab berarti "harapan". Tempat ini menjadi harapan bagi Nabi Adam AS yang ahkirnya bertemu dengan Hawa karena perpisahan selama 200 tahun. Pada zaman dahulu, Mina merupakan hamparan padang luas dan belum dibangun seperti sekarang ini. Luasnya sekitar 650 hektare. Sebanyak 100.000 tenda dengan pendingin ruangan digunakan untuk menampung 3 juta jemaah haji sebelum berangkat ke Arafah sehingga Mina dijuluki Kota Tenda. Uniknya, di luar musim haji, tenda-tenda ini dibiarkan kosong.

5. Hajar Aswad pernah dicuri dari Makkah.

Tahukah kamu bahwa Hajar Aswad pernah dicuri dari Makkah selama 23 tahun. Dilansir dari About Islam, kerajaan Qarmatians mencurinya pada Januari 930 Masehi dan dibawa ke markas mereka (sekarang Bahrain) oleh pemimpinnya, Abu Tahir al-Qarmati. Kini relik suci ini tinggal berupa pecahan batu yang bisa dilihat di salah satu sisi Kabah.

Selasa, 18 Januari 2022
Chat
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?
Pilih kontak:
Whatsapp
Chat
Silakan masukkan pesan Anda di bawah ini.
08:08 PM - Biasanya membalas dalam 24 jam
Kirim pesan WhatsApp
Hubungi Kami
Chat
Harap gunakan tombol "Telepon sekarang" di bawah atau hubungi +628041090909
Pindai Kode QR untuk langsung menelepon dari ponsel cerdas Anda. Call QR CNAF
08:08 PM
Telepon sekarang
Pesan email
Chat
Silakan masukkan pesan Anda di bawah ini atau kirim email ke info@cnaf.co.id
08:08 PM - Biasanya membalas dalam 24 jam